1. Variableadalah lokasi di memori yang menyimpan data .
Variabel bisa diibaratkan sebagai kotak penyimpanan data, bukan isi kotaknya.
Karena data di dalam kotak bisa berubah, variabel hanya dapat dipercaya pada
satu saat saja, walaupun tempatnya selalu sama.
identifier adalah penamaanpada
progran untuk variabel , konstanta , method , class dan package.
2.
Keyword atau Kata kunci simpanan
adalah identifier khusus yang disimpan oleh bahasa Javauntuk mengendalikan
bagaimana program didefinisikan. Kata kunci ini digunakan untuk mengenali
tipe-tipe, pengubah, dan mekanisme pengaturan aliran program. Kata kunci ini
hanya dapat digunakan untuk fungsi tertentu dan tidak dapat digunakan sebagai
identifier nama suatu variabel, class dan method.
abstract
|
boolean
|
break
|
byte
|
byvalue
|
case
|
cast
|
catch
|
char
|
class
|
const
|
continue
|
default
|
do
|
double
|
else
|
extends
|
false
|
final
|
finally
|
float
|
for
|
future
|
generic
|
goto
|
if
|
implements
|
import
|
inner
|
instanceof
|
int
|
interface
|
long
|
native
|
new
|
null
|
operator
|
outer
|
package
|
private
|
protected
|
public
|
rest
|
retrun
|
short
|
static
|
super
|
switch
|
synchronized
|
this
|
throw
|
throws
|
transient
|
true
|
try
|
var
|
void
|
volatile
|
while
|
|
3.
Variable
Variabel
adalah suatu sebutan yang dapat diberi nilai angka (kuantitatif) atau nilai
mutu (kualitatif). Variabel merupakan pengelompokan secara logis dari dua atau
lebih atribut dari objek yang diteliti
- Diawali huruf kecil, dan camelCase .
- Memiliki arti dan mudah difahami kegunaannya dalam kode program.
Contoh
: nilai , kelilingLingkaran
4.
tipe data primitif
Java memiliki data primitif meliputi 4 tipe untuk bilagan bulat 2 tipe untuk bilangan titik mengambang sisanya untuk karakter dan boolean.
> tipe data refrensi
Data ini di gunakan untuk merefrensikan objek atau class tertentu string , kelas , interface , array.
Contoh identifikasi variabel
- Nama = menyimpan nama siswa ( string )
- Nim = menyimpan nomer induk siswa ( string )
- Nkhk = menyimpan jumplah kehadiran siswa yang di input dari keyboard ( double )
Java memiliki data primitif meliputi 4 tipe untuk bilagan bulat 2 tipe untuk bilangan titik mengambang sisanya untuk karakter dan boolean.
> tipe data refrensi
Data ini di gunakan untuk merefrensikan objek atau class tertentu string , kelas , interface , array.
Contoh identifikasi variabel
- Nama = menyimpan nama siswa ( string )
- Nim = menyimpan nomer induk siswa ( string )
- Nkhk = menyimpan jumplah kehadiran siswa yang di input dari keyboard ( double )
5.
Konstanta adalah adalah sebuah variabel yang
nilainya tetap dan tidak bisa dirubah lagi. Konstanta digunakan untuk menyimpan
data yang tidak akan kita ubah
- Semua karakteri terdiri dari huruf besar.
- Batas antar kata adalah underscore (_).
Contoh
: PHI , WARNA_DASAR .
6. istilah
dari type casting kurang lebih berarti pemaksaaan, konversi data dengan cara ini
akan menyebabkan suatu data baik data langsung maupun isi variabel akan
mengalami perubahan tipe ketikan akan diproses, jika yang mengalami type
casting adalah variabel, maka data aslinya tetap tersimpan dengan tipe asal
meskipun akan diproses data tersebut dengan berubah type.
1.
public class Casting {
public static void main(String
args[]){
int a=5;
int b=3;
System.out.println(a+"/"+b+"="+(double)a/b);
System.out.println();
}
}
- Pada Program di atas jika (double) dihilangi data yang terlibat dalam pembagian semua bertipe integer, dengan demikian hasilnya berupa integer
- Dan jika (double) di ikutkan maka data yang terlibat memang bertipe integer, akan tetapi menjelang proses pembagian dilakukan isi variabel a diubah sesaat menjadi double, sehingga hasilnya bertipe pecahan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar