div id='fb-root'/>

Senin, 04 Juni 2012

java pendahuluan modul2


1.       Variableadalah  lokasi di memori yang menyimpan data . Variabel bisa diibaratkan sebagai kotak penyimpanan data, bukan isi kotaknya. Karena data di dalam kotak bisa berubah, variabel hanya dapat dipercaya pada satu saat saja, walaupun tempatnya selalu sama.
identifier adalah penamaanpada progran untuk variabel , konstanta , method , class dan package.

2.      Keyword atau Kata kunci simpanan adalah identifier khusus yang disimpan oleh bahasa Javauntuk mengendalikan bagaimana program didefinisikan. Kata kunci ini digunakan untuk mengenali tipe-tipe, pengubah, dan mekanisme pengaturan aliran program. Kata kunci ini hanya dapat digunakan untuk fungsi tertentu dan tidak dapat digunakan sebagai identifier nama suatu variabel, class dan method.
abstract
boolean
break
byte
byvalue
case
cast
catch
char
class
const
continue
default
do
double
else
extends
false
final
finally
float
for
future
generic
goto
if
implements
import
inner
instanceof
int
interface
long
native
new
null
operator
outer
package
private
protected
public
rest
retrun
short
static
super
switch
synchronized
this
throw
throws
transient
true
try
var
void
volatile
while

3.      Variable
Variabel adalah suatu sebutan yang dapat diberi nilai angka (kuantitatif) atau nilai mutu (kualitatif). Variabel merupakan pengelompokan secara logis dari dua atau lebih atribut dari objek yang diteliti

  1. Diawali huruf kecil, dan camelCase .
  2. Memiliki arti dan mudah difahami kegunaannya dalam kode program.
Contoh : nilai , kelilingLingkaran

4.      tipe data primitif
Java memiliki data primitif meliputi 4 tipe untuk bilagan bulat 2 tipe untuk bilangan titik mengambang sisanya untuk karakter dan boolean.
> tipe data refrensi
Data ini di gunakan untuk merefrensikan objek atau class tertentu string , kelas , interface , array.
Contoh identifikasi variabel
- Nama = menyimpan nama siswa ( string )
- Nim = menyimpan nomer induk siswa ( string )
- Nkhk = menyimpan jumplah kehadiran siswa yang di input dari keyboard ( double )
5.      Konstanta adalah adalah sebuah variabel yang nilainya tetap dan tidak bisa dirubah lagi. Konstanta digunakan untuk menyimpan data yang tidak akan kita ubah
  1. Semua karakteri terdiri dari huruf besar.
  2. Batas antar kata adalah underscore (_).
Contoh : PHI , WARNA_DASAR .
6.       istilah dari type casting kurang lebih berarti pemaksaaan, konversi data dengan cara ini akan menyebabkan suatu data baik data langsung maupun isi variabel akan mengalami perubahan tipe ketikan akan diproses, jika yang mengalami type casting adalah variabel, maka data aslinya tetap tersimpan dengan tipe asal meskipun akan diproses data tersebut dengan berubah type.
1.       public class Casting {
public static void main(String args[]){
int a=5;
int b=3;
System.out.println(a+"/"+b+"="+(double)a/b);
System.out.println();
}
}
  • Pada Program di atas jika (double) dihilangi  data yang terlibat dalam pembagian semua bertipe integer, dengan demikian hasilnya berupa integer
  • Dan jika (double) di ikutkan maka data yang terlibat memang bertipe integer, akan tetapi menjelang proses pembagian dilakukan isi variabel a diubah sesaat menjadi double, sehingga hasilnya bertipe pecahan

Tidak ada komentar: