pada pemrograman bahasa java pada NetBeans IDE qt dituntut agar mengerti dari pemrograman yang berbasis GUI. mungkin agak sedikit ruwet dan membingungkan maka dari itu saya akan menguraikan pemrograman GUI pada NetBeansIDE betapa mudahnya pemrograman tersebut ;
1. penjumlhan 2 angka
buatlah program GUI sperti gambar dibawah dan perlu diingat dalam mempermudah mpembuatan program ubahlah variabel nama sesuai dengan lebel text .
b = Integer.parseInt(angka2.getText());
hasil.setText(Integer.toString (a+b));
oknpm.setText(npm.getText());
okalamat.setText(alamat.getText());
oknpm.setText("VALUE");
okalamat.setText("VALUE");
1. penjumlhan 2 angka
buatlah program GUI sperti gambar dibawah dan perlu diingat dalam mempermudah mpembuatan program ubahlah variabel nama sesuai dengan lebel text .
perhatikan pada gambar di atas buatalah kurang lebih merip. setelah itu tambahkan sintak berikut pada variabel OK dengan cara klik kanan variabel OK pilih action- action performed
dan tambah kan sintak berikut
int a,b;
a = Integer.parseInt(angka1.getText());b = Integer.parseInt(angka2.getText());
hasil.setText(Integer.toString (a+b));
stelah itu coba saja RUN atau ktik saja Shift+F6
2. inputan biodata
butlah program GUI seperti gambar dibawah ini
setelah ituu tambahkan sintak berikut pada variabel OK
oknama.setText(nama.getText());
okkelas.setText(kelas.getText());oknpm.setText(npm.getText());
okalamat.setText(alamat.getText());
dan tambahkan juga sintak berikut pada variabel HAPUS
oknama.setText("VALUE");
okkelas.setText("VALUE");oknpm.setText("VALUE");
okalamat.setText("VALUE");
sekaligus untuk output tambahkan juga sintak berikut pada msing masing variabel NAMA, KELAS, NPM, dan ALAMAT
ok.setText(nama.getText());
ok.setText(kelas.getText());
ok.setText(npm.getText());
ok.setText(alamat.getText());
setelah semua selesai dicompile aja ,.,lihatlah apa yang terjadi
bila ingin lebih praktis dan malas untuk belajar sekalgus merasa pintar dan pandai silahkan diklik saja
Tidak ada komentar:
Posting Komentar