div id='fb-root'/>

Minggu, 01 Juli 2012

modul 6 pengenalan IDE pada java

  1. IDE adalah sebuah tools yang digunakan untuk membuat dan mengembangkan sebuah perangkat lunak.Mengapa kita perlu menggunakan IDE ? Fungsi dari sebuah IDE adalah mempermudah dan mempercepat kita dalam pembuatan perangkat lunak.Jadi bisa dibayangkan tanpa IDE kita harus repot – repot membuat aplikasi dengan terminal,kemudian harus mengcompile dan me-run aplikasi yang kita buat dengan mengetik perintah di terminal.Itu kalau aplikasi yang kita buat sederhana,kalau besar. .Selain mempermudah dan mempercepat pembuatan sebuah perangkat lunak,di dalam IDE biasanya terdapat bermacam-macam plugin yang dapat kita tambahkan secara online maupun offline.
  2. contoh contoh IDE
    • ·    NetBeans mengacu pada kedua platform kerangka untuk aplikasi desktop Java, dan sebuah lingkungan pengembangan terpadu (IDE) untuk pengembangan dengan Java , JavaScript , PHP , Python , Ruby , Groovy , C , C + + , Scala , Clojure , dan lain-lain.
     
    • ·         Eclipse IDE ini awalnya dimiliki dan dibuat oleh IBM, seiring perkembangan zaman, IBM memberikannya kepada komunitas untuk di kembangkan lebih lanjut. Eclipse memiliki dukungan plugin yang sangat banyak, dan menjadi core dari pengembangan IDE lainnya seperti zend studio(IDE berbayar untuk PHP), aptana radrails(IDE untuk pemrograman ruby on rails), serta masih banyak yang lainnya. Sekarang eclipse tidak hanya dapat digunakan untuk melakukan pemrograman java, namun juga tersedia untuk php, c++ dan lainnya. 
     
    • ·   JDeveloperIDE ini dibuat dan dikembangkan oleh oracle. Lengkap sudah kedigdayaan oracle di dunia enterprise, setelah mampu mengakuisisi java dari sun microsystems. Anda dapat melihat fitur-fiturnya dengan mengunjungi situs JDeveloper.Sekarang semuanya kembali kepada anda, dan silahkan anda pilih sesuai selera. 3 IDE di atas merupakan IDE yang paling banyak di gunakan untuk pengembangan aplikasi menggunakan Java di dunia industri software 
     
  3.   tampilan awal pada IDE netbeands 
 4.
      Kelebihan :
Adapun kelebihan Netbeans IDE antara lain :
  • Mendukung berbagai bahasa pemograman seperti java,C/C++,php,
  • Berjalan pada multiplatform sistem operasi termasuk Windows, Linux, Mac OS, Solaris
  • Berfungsi untuk pengembangan aplikasi mobile menggunakan bahasa Java
  • Mendukung untuk pengembangan aplikasi web menggunakan PHP
  • Mendukung permodelan perangkat lunak menggunakan UML
  • Terdapat banyak modul untuk mengembangkan lebih lanjut
  • Merupakan produk free(baca:bebas) tanpa ada batasan penggunaannya
  • Merupakan produk open source (baca:kode sumber terbuka)
-kekurangan :
  • Netbean memerlukan kukungan prosesor yang cukup handal untuk mendapatkan performa maksimalnya.
5.
      untuk membuat sebuah projek baru, diambil menu file-new project (maka akan muncul jendela project baru)
  • pada pilihan kategori pilih java dan pada pilihan project, pilih java applications lalu pilih next.
  • Maka akan muncul jendela options project dan lokasi object tekan finish.
  • Setelah menekan tombol finish maka project akan di creat.
  • Dan setelah project selesai barulah kita membuat form-form.
6.
1.      Pengertian GUI
Graphical User Interface (GUI) merupakan salah satu model interaksi antara manusia dan komputer. Selain GUI, ada juga model yang lain seperti Character User Interface (CUI) yang sering kita kenal dengan command line. Dari sisi kenyamanan (attitude), kedua model ini memiliki ‘penganut’nya masing-masing. Penganut CUI biasanya adalah administrator sistem berbasis sistem operasi LINUX. Bagi mereka, CUI dirasakan lebih nyaman dibandingkan dengan GUI, bahkan setelah GUI pada LINUX berkembang dengan pesat, mereka tetap bertahan untuk menggunakan CUI. Penganut GUI biasanya adalah mereka yang sudah terbiasa dengan sistem operasi Windows. Bagi mereka, GUI adalah harga mati yang tidak bisa ditawar lagi




 

1 komentar:

aizat mengatakan...

maaf mengganggu saya hanya ingin berbagi artikel yang berkaitan tentang UML dan Java
berikut linknya :
http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2470/1/076.pdf
semoga bermanfaat :)